Menu-menu Aneh McDonald's di Seluruh Dunia

Siapa yang tidak kenal McDonald's? Restoran fastfood waralaba raksasa yang menguasai penjualan hamburger di seluruh dunia. Bahkan dalam wikipedia disebutkan: McD is the world's largest chain of hamburger fast food restaurants dan dalam wikipedia berbahasa Indonesia disebutkan bahwa McD dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika.

Restoran McDonald's pertama di Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991. Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, McDonald's juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia. FYI, Sarinah Plaza (nama sekarang) adalah pertokoan berkonsep mal pertama di Indonesia yang didirikan tahun 1965 dengan konsep Toserba atas instruksi Bung Karno.

Menu utama restoran McD adalah hamburger, disamping itu disediakan juga soft drink, kentang goreng, ayam olahan, dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Di Indonesia kita biasa menjumpai restoran McD menjual nasi + ayam goreng, tetapi saat kita berada di luar negeri jangan berharap bisa memesan menu tersebut di setiap restoran McD. 

Berikut ini saya akan sebutkan beberapa menu restoran McD seluruh dunia yang tidak ada di  McD Indonesia, atau bahkan memang sudah tidak ada di negara manapun. Bagi kita mungkin menu-menu ini sangat terlihat, terdengar, dan terasa aneh, tapi mungkin di negara lain ini memang sangat lazim bahkan menjadi favorit consumer. Tapi bisa juga menu-menu ini hanya berbeda di penamaannya, beberapa restoran McD di negara-negara lain memang memberi nama khas pada menu McD.



1. Hula Burger
Burger ini diciptakan sendiri oleh Ray Kroc, yaitu orang yang membeli perusahaan dari dua McDonald's bersaudara. Hula burger ini hampir sama dengan cheeseburger, hanya saja Kroc mengganti daging dengan NANAS. Sayangnya menu ini sudah tidak dapat dipesan di resto McD manapun.





2. Arch Deluxe
Arch Deluxe ini awalnya diciptakan khusus untuk dipesan orang dewasa. Isi sandwichnya sangat beragam, diperbanyak dengan seperempat pon daging, kentang rol, bawang merah, selada, tomat, dan diberi saus madu-mustard khusus. menu ini juga sudah tidak dapat dipesan di outlet McD manapun.




3. Fried Roast Beef Sandwiches
Roast Beef atau daging sapi panggang, tidak mungkin ada yang menolak menu seperti ini. Setidaknya itu yang dikatakan oleh kru McD. Namun, bukan customer yang menyebabkan menu ini punah, melainkan perusahaan McD sendiri yang kewalahan karena production cost menu ini sangat besar dan tidak profitable justru menyebabkan defisit.





4. McPizza
Menu McPizza hadir pada akhir tahun 80an hingga awal 90an. Menu ini tidak populer karena tidak sesuai dengan predikat McD sebagai  fast food restaurant atau restoran cepat saji. Untuk menyiapkan satu pizza tentu saja tak secepat menyiapkan burger. Oleh karena itu, menu ini tak bertahan lama.



5. The Dinner Menu
Dinner Menu ini tadinya dapat dipesan saat jam makan malam, antaralain yang ditawarkan berupa pasta seperti pizza, spageti, lasagna, dan fetucini. Namun tetap saja menu tambahan seperti ini tidak berhasil menggaet konsumen.

6. Chicken Fajitas
Tortilla (kulit gandum/tepung) kecil membungkus ayam panggang dan sayuran. Sekilas mungkin kita bisa membayangkan menu ini seperti menu Twister-nya KFC. Namun penyajian menu ini dinilai kurang menarik karena ukurannya sangat mini. Hal itu pula yang menyebabkan menu ini hampir tak ada yang memesan, dan akhirnya punah.







7. Mc Salad Shakers
Menu saladini dikeluarkan McD untuk menawarkan menu fastfood yang sehat. Strategi ini berhasil mencuri perhatian masyarakat. Namun pada akhirnya tetap saja menu ini hanya booming di awal, konsumen tidak suka dengan kemasan menu ini yang tidak cocok dengan salad sebenarnya.





8. McAfrica
Manu yang dirilis tahun 2002 ini cukup kontroversial dengan namanya. Pasalnya, saat itu di Afrika memang sedang terjadi bencana kelaparan, sehingga banyak masyarakat justru menganggap menu ini sebagai hinaan yang mnyakitkan hati.






9. McLean Deluxe
Menu ini dirilis tahun 1991 dengan predikat menusehat karena McD mengganti lemak dalam daging dengan air yang diikat dengan ekstrak rumput laut. Hal ini menjadikan McLean Deluxe sandwich sehat dengan 91% bebas lemak. Namun lagi-lagi menu sehat tidak laku di McD. Kata orang, justru lemaknya yang bikin enak.




10. Maharaja Mac
Menu ini cuma ada di outlet2 McD di India. Maharaja Mac ini sebenernya sama dengan Big Mac di kebanyakan outlet McD, hanya saja orang India yang memang pantang memakan daging sapi mengganti isi burger dengan daging ayam dan mengganti pula namanya dengan Chicken Maharaja Mac. Selain iu di India juga ada menu vegetarian burger yaitu McAloo Tikki yang berisi kentang goreng dan kacang2an.





11. McLobster / McHomard
Menu ini hanya ada di sebagian Kanada dan Perancis. Dari namanya sudah dapat kita tebak apa isinya.







12. Ebi Fillet-O, Koroke Burger, Ebi-Chiki, dan Milkshake rasa Green Tea
Koroke Burger (Burger Udang)

 Menu-menu ini hanya ada di restoran McD di Jepang.

13. McLaks
Sandwich dengan isi ikan salmon panggang ini cuma ada di Norway (Norwegia)








14. McPollo
Chicken burger yang cuma ada di Chile ini dilengkapi dengan saus avocado.






15. Gallo Pinto
Di Costa Rica kita dapat memesan menu ini, yaitu nasi dengan kacang2an.










16. Greek Mac
Menu Greek mac ini hanya dapat dipesan di McD di seluruh Yunani. Di Yunani mereka tidak menggunakan buns, tapi membungkus patties dengan pita (kulit gandum).









17. Rice Burgers
Hongkong, Thailand, dan Singapore. Tiga negara tersebut merupakan negara dimana McD menyediakan menu Rice Burgers yaitu burger yang tidak menggunakan bun tetapi menggantinya dengan nasi ketan.






18. McPitzutz dan McKebab
Dari namanya kita bisa menebak dari mana asal menu ini. Timur tengah, benar sekali.







19. McHuevo / McEgg
Menu ini hampir sama dengan hamburger pada umumnya, hanya saja diatasnya ditambah telur rebus. Menu ini bisa kita pesan di McD di seluruh Uruguay.






Sebenarnya masih banyak lagi menu-menu aneh McD yang tidak dapat kita temukan di Indonesia seperti: Samurai Pork Burger dan Sweet Corn Pie (Thailand), Kiwiburger (New Zealand), Veggie nuggets (India), McKroket (Belanda), McMacos, McFilet, dan McFiesta (Paraguay), Vegetariana, Marinara, Mediterranea, dan Fiordiriso Salad (Italia), Curry Potato Pie, Red Bean Sundae dan Shake Shake Fries (Hongkong), Shamrock Shake (Irlandia), McPalta (Chile), Veggie Burger (Bahrain), Pineapple Pie (Malaysia), McBurrito a la Mexicana dan McNifica (Mexico), Teriyaki McBurger, French Fries With Seaweed Flavouring (nori), Chicken Tatsuta Burger, dan Macaroni and Cheese Burger (Jepang), Pasteis de Nata dan Bica (Portugal), Vegi Mac (Swiss), The Love Burger, Kampung Burger, McPepper Burger, McTowkay Burger dan Kiasu Burger (Singapore), McSki, Fisk, Kyckling och Vegetariskt, Dryck, Dips's och Dressing, Plusmeny, Presentcheckar, McFeast & Co, Stora Menyn, McFish & Co, ViktV'ktarmenyn med McChicken, ViktV'ktarmenyn med McGarden, McGarden & Co, dan McAroni inkl. mellanstor l'sk (Swedia), The McNifica (Argentina.

Nah, itu tadi beberapa nama menu-menu McD yang ada di seluruh dunia. Jadi, nanti kalao kita punya kesempatan untuk stay atau sekedar visit ke luar negeri dan menjumpai restoran McD jangan heran dan jangan bingung ya. Sebaiknya sih tanya saja ke pegawai tokonya, biar ngga salah pilih.

2 replies:

Anonymous said...

ada petikannya... jadi inget KTTA... #commentOOT

Radhika Wisudaniar said...

Emang efek KTTA #ehdibahas

Post a Comment