Penelitian | Hari ke-5

Sabtu, 09 April 2011
Hari ini saya mulai dengan kebingungan tiada tara (ini lebay sih). Bingung mau berangkat ke tempat penelitian jam berapa. Dua hari yang lalu saya berusaha menghubungi Pak Kamboja untuk menanyakan kepastian data yang saya minta untuk penelitian, tetapi tidak berhasil mendapat konfirmasi apa-apa, Pak Kamboja pada waktu itu bersikukuh menjawab dengan "Sabtu, mbak. Nanti saya kabari saja." Kalo sudah digituin ya sudah, apa mau dikata, kalo maksa ngeyel malah bahaya. Alih-alih menunjukkan kesungguhan, yang ada malah data ngga dikasi karena ngga mau nurut. 


Dari semalam saya sudah mengira-ngira jam berapa saya harus berangkat ke tempat penelitian karena sampai dengan jam 20.00:01 WIB belum ada kabar dari Pak Kamboja. Daripada bingung sendiri mending saya nanya ke ortu. Menurut ortu saya mending saya berangkat pagi-pagi sekali, jadi bisa nagih janji ke Pak Kamboja dari pagi-pagi sekali itu. In case, kalo janji Pak Kamboja tidak tepat jadi masih ada banyak waktu untuk membuatnya jadi tepat.

Pagi saya bangun jam 04.30 buat bangunin si pacar, terus tidur lagi. Bangun lagi jam 05.30 terus langsung beberes, mandi dan sarapan, lalu bingung. Bingung kenapa lagi coba, dasar labil sih ya. Udah pake jaket pake helm masih bisa nanya ke ortu "Masa' berangkat jam segini? Pagi banget, pa." Mungkin efek ngantuk sih ya, padahal tidur udah banyak juga.

Entah kenapa muncul pikiran khawatir terlunta-lunta di kantor Pak Kamboja. Takut diusir dan ditanya macem-macem sama semua orang yang lewat dengan ekspresi iba. Oke, ini sangat berlebihan. Tapi memang itu dipikiran saya. Saya ngga berangkat-berangkat sampe akhirnya Papa yang meyakinkan untuk berangkat aja. Kalo diusir ya ngadu aja ke Bu Melati. Aha! Ini ide bagus, pikir saya. Oke berangkat lah saya ke tempat penelitian jam 06.30 tanpa menghubungi Pak Kamboja maupun Bu Melati terlebih dulu. Dan ngga dihubungi juga. 

Bismillah aja deh, pikir saya. Dengan senyuman saya mengembangkan optimis di hati. Khusnudzon..khusnudzon.. Sepeda kukayuh perlahan eh.. saya kan naik motor, jadi motor saya tarik gasnya pelan dan stabil, tak perlu ngebut, santai. Yang bikin ngga nyantai ya anak-anak SMA dan SMP yang begundalan di jalan raya.

07.13 saya sampe di tempat penelitian, pas bubaran apel pagi. Langsung deh saya menuju ruangan Pak Kamboja, ternyata beliaunya belum rawuh (Bahasa Jawa: datang). Oke saya nunggu diluar ruangan sampe tiba-tiba Pak Kamboja lewat dari arah parkiran Mobil. Saya tunggu kira-kira sampai beliau duduk selama 5 detik baru saya susul ke ruangannya. Tanpa basa-basi saya langsung nagih janji.

Beliau ternyata sudah nyiapin hampir semua data dan dokumen yang saya minta. Sambil ngobrol dan nunggu dua orang anggota tim yang mau saya wawancarai, saya mulai menanyakan beberapa file yang belum disiapkan ke Pak Kamboja. Beliau dengan sigap mencarikan masternya dan memberikan ke saya untuk di copy. Ada satu lagi teman Pak Kamboja yang juga membantu saya mengumpulkan kuesioner yang saya sudah bagikan hari Rabu yang lalu.

Agak lega rasanya, tinggal nunggu dua orang tim yang mau saya wawancarai. Saya khawatir jadi grogi pas wawancara, makanya masih deg-degan itu. Tapi lagi-lagi saya berusaha menepis pesimisme itu dan berusaha tersenyum untuk kembali mengembangkan optimisme di benak saya. 

08.05 wawancara dimulai. Awalnya saya agak canggung karena salah seorang narasumber saya ternyata bersikap tegas dan menjawab sekenanya. Tapi itu hanya diawal. Tak lama suasana pun mencair, dua orang anggota tim yang saya wawancarai semuanya ramah-ramah dan sangat membantu memberikan informasi. 

08.37 setelah saya rasa wawancaranya sudah cukup, saya kembali ke ruangan Pak Kamboja. Meminta kembali beberapa file yang belum lengkap, dan langsung dicarikan. Sembari menunggu saya diajak ngobrol oleh teman-teman Pak Kamboja diruang itu. Semuanya ramah-ramah. Saya senang dan sangat lega dan nyaman berada disitu. Sama sekali diluar dugaan. 

08.49 saya kembali meminta waktu salah seorang anggota tim lain untuk saya wawancara mengenai hal yang saya masih kurang mengerti. Wawancara yang cukup singkat ini berjalan cukup mulus, karena yang grogi malah narasumber saya. Namun beliau juga amat sangat baik mengambilkan contoh laporan yang saya minta untuk saya observasi. 

08.56 saya ngecek lagi apa-apa yang saya butuh dan apa-apa yang saya dapat. Alhamdulillah, insyaAllah sudah mencukupi. 09.00 saya pamit keluar kantor untuk mengkopi dokumen master dari Pak Kamboja. Dikasi tau sama beliau, ada fotokopian di sebelah kantor. Saya nyari ke arah yang ditunjukkan, tetapi ngga nemu. Nemu ditempat lain dan ternyata rame, tapi ngga apa-apa lah, tunggu aja dengan sabar. 

09.31 saya kembali ke kantor dan menyerahkan kembali master-master dokumen. Ternyata kantor sepi dan hanya ada dua orang yang masuh di ruangan tersebut. Pak Kamboja dan temannya yang saya kenal sudah ngga ditempat. Yasudah saya serahkan saja sama salah seorang yang ada diruangan itu. Ketika saya menanyakan keberadaan Pak Kamboja, ternyata sedang mengikuti rapat penting. "Nanti saya pamitkan mbak." begitu kata bapak yang di ruangan tadi. Baiklah, akhirnya saya meninggalkan ruangan itu setelah mengucapkan terimakasih ke bapak baik hati di ruangan tadi.

09.39 saya menemui Bu Melati untuk pamit dan bilang terimakasih. Setelah itu, di parkiran motor saya inisiatif aja nge-sms Pak Kamboja untuk sekedar bilang terimakasih. Ternyata beliau balas dengan doa semoga sukses. Amin, Pak. Jazakallah. Alhamdulillah saya akhirnya pulang dengan sangat lega. Sebelum nytarter motor saya sempetin sms Papa, Ibu, sama si pacar. Plus temen saya yang mau ngajak pergi siangnya. :)

Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. dijalan saya ngga berhenti bersyukur dan menyadari bahwa ngga ada ruginya ber-khusnudzon pada Alloh, dan pada orang-orang disekitar saya.

Terimakasih Pak Kamboja dan teman-teman bapak. Terima kasih Bu Melati. Jazakumullah.

0 replies:

Post a Comment