James Verone, Mencuri $1 demi Kesehatan

Tiba-tiba ingat sesuatu di Hari Rabu minggu lalu, tepatnya tanggal 22 Juni 2011. Tidak ada yang spesial hari itu, hanya saja saya membaca sebuah koran Warta Kota tertanggal hari itu di Warung Nasi Bu Ning Sarmili dan menemukan sebuah berita singkat tentang seseorang yang berfikir Out of The Box. Kalau ada yang punya korannya coba buka rubrik "Kilas Dunia" halaman 23 deh.


Namanya James Richard Veron, umurnya 59 tahun dan telah menanggur sejak tak lagi menjadi delivery person Coca-Cola (ABC News, June 23, 2011). Orang ini tak punya asuransi kesehatan, sedang ia menderita sakit punggung kronis dan cedera pada kaki kirinya. Kala itu ia masih mentolerir dan mengabaikan penyakit dalam dirinya. Namun ketika ia merasa menemukan benjolan pada bagian dada dan merasakan sakit luar biasa, ia berfikir harus melakukan sesuatu. 

Seorang pengangguran tanpa asuransi kesehatan dan hanya memiliki sedikit uang tabungan serta kupon makan, tak mungkin berencana nekat datang ke rumah sakit dan mendaftarkan diri pada resepsionis. Yang ia lakukan ialah mendatangi sebuah Bank bernama Gastonia Bank di Kota Gastonia, yang ia pilih secara random. Ia mendatangi teller bukan untuk mengajukan pinjaman, melainkan memberikan secarik kertas yang ia tulisi pernyataan bahwa ia meminta uang $1 dan mengatakan bahwa ia membawa senjata. Ya. dia mencoba merampok. Dan hanya $1. 

Merasa ada yang tak beres teller bank tersebut langsung menelpon 911 dengan panik, dan tidak lama kemudian teller itu dilarikan ke Gaston Memorial Hospital karena penyakit tekanan darah tingginya kambuh. Verone sendiri malah duduk tenang di sofa menunggu polisi datang manangkapnya. Sebelum Verone memesan taksi untuk menuju Gastonia Bank, ia sempat mengirim email pada Gastonia Gazette, harian Kota Gastonia, yang berisi: "When you receive this, a bank robbery will have been committed by me. This robbery is being committed by me for one dollar." Dia juga menuliskan motif pencuriannya adalah demi kesehatan.

Yup, James Verone memang sengaja mencuri $1 dari bank agar dirinya ditangkap dan dipenjara. Verone berfikir jika ia ditangkap dengan tuduhan perampokan bank maka ia akan dipenjara selama 3 tahun, dan selama 3 tahun tersebut ia bisa mendapatkan perawatan kesehatan secara gratis untuk punggung, dada, dan kakinya. Setelah dipenjara pun ia akan mendapatkan jaminan sosial serta tinggal di Myrtle Beach. Namun pada kenyataannya, ia menghadapi tuduhan pencurian terhadap seseorang dan mendapat hukuman kurang dari 12 bulan. Tak kekurangan akal, ia berencana mencuri lagi setelah keluar dari penjara nanti. Dan ia tidak lupa meminta maaf kepada teller bank yang ditodongnya karena telah membuat teller tersebut harus menjalani perawatan dirumah sakit.

Demi kesehatan orang ini mau melakukan apapun. James Verone berfikir kreatif sehingga ia mendapatkan perawatan kesehatan yang dibutuhkannya walau harus mencuri uang $1 di bank.Dia juga memberikan pernyataan bahwa ia tak takut sama sekali saat melakukan pencurian itu, ""I didn't have any fears. If you don't have your health you don't have anything."

Sumber: 
Warta Kota, Rabu 22 Juni 2011

0 replies:

Post a Comment